12 September 2015

Tanya-tanya tentang beasiswa donk kakak :)

Hallo semua~ 

Akhir-akhir ini saya lagi kebanjiran email yang isinya nanya-nanya tentang beasiswa korea :) Yes, rata-rata mereka kirim email dan tanya ini itu setelah membaca postingan saya tentang beasiswa korea di bulan februari lalu.

Lalu? Saya seneng banget karena ternyata banyak teman-teman yang punya motivasi buat belajar lebih jauh ^^ semoga dilancarkan dan dimudahkan yaa ^^ aamiin.

Tapiiii... agak gimana juga nih kalo pertanyaannya sepele. Sepele disini adalah pertanyaan yang sebenarnya bisa dijawab dengan logika atau bisa dicari di google. Contohnya:

1. Cari sworn translator dimana ya?
2. Form aplikasinya dimana ya? gimana ngisinya?
3. Syarat beasiswa apa aja ya ka?
4. Surat rekomendasi dari dosen itu harus ya ka?
5. Kalo mau masuk jurusan A baiknya ke kampus mana ya ka? *kampus korea bejibuuun*
6. Kalo saya belum lulus bisa apply ga?
7. Kalo identitas pake kartu keluarga bisa ga ka?
8. Kalo mau kirim atau apply beasiswa harus isi form ya ka?

dan seterusnya, dan lain-lain, dan kawan-kawan. *sorry, ini random aja kok ^^ pertanyaan gini banyak banget*

*Hihihi... tinggal jawab aja kali kakak~ kan gampang*
Iya, sangat mudah di jawab tapi kalo saya jawab artinya saya nyuapin terus dan itu bikin ga kreatif dan males. Jadi maaf kalo misal jawabannya nyuruh kalian googling sendiri. Semata-mata hanya ingin 'melatih' kalian bahwa itu mudah dan bisa dicari sendiri.

Berkali-kali saya bilang buat baca dokumennya pelan-pelan dan teliti. Semuanya sudah sangat jelas ^^ *tapi dalam bahasa inggris ka! susah* ~ percaya deh, itu bukan apa-apa. Nanti pas kalian keterima, kalian akan bertemu dengan bahasa inggris yang lebih wow lagi ^^ harus siap! karena kalian yang pilih buat kuliah di luar negeri ^^ sooo~ belajar dari yang simple dulu ^^

Yuk-yukkk... coba kasih pertanyaan cerdas ^^ jangan biarkan orang lain nyuapin kita terus~ oke?

Melalui postingan ini, saya ga ngelarang kalian buat kirim email dan tanya-tanya kok ^^ dengan senang hati akan saya jawab satu-satu, tapiiii.. sebelum tanya coba dibaca lagi, kira-kira pertanyaannya emang harus ditanyain atau engga~ kira-kira google bisa menjawab atau engga~

Tetap semangat!
Semoga bermanfaat ^^

Salam dari Seoul yang mulai dingin ^^

Seoul 12 September 2015  08.38AM

32 komentar:

  1. assalammualaikum kakak, i wanna ask you something. this thing is quite obvious actually, but i still want to ask it to you to make it sure. beside, you had experienced it. so, i hope you will sincerely answer my question. so, i want to know the detail about the recommendation letters. we have to ask one or two or maybe four like you to our lecturers and then copy it three times. those letters have to be put inside formal envelope with sign and stamp. for the copy letters, should we put it inside formal envelope complete with the prof's sign and university stamp?

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumussalam~

    For recommendation letter, you don't need to copy it. You have to separate it from three copy documents and put in sealed envelope. So, one recommendation letter one envelope.

    Simply, you have to send 3 copy doc (3 envelopes), 1 original doc (1 envelope), and 1 or some recommendtaion letter (1 or some envelopes).

    Good Luck :)

    BalasHapus
  3. selamat malam kak dea, aku sudah baca guideline tentang beasiswa kgsp ini, disana disebutkan bahwa tuition fee nya akan ditanggung oleh kgsp, tapi setelah saya buka website salah satu univ untuk cari info, pada bagian scholarship aku lihat banyak tipe-tipe scholarship yang ditanggungnya ada yang 75% , 50%, dsb. nah jadi bingung kan saya. apakah kalau kita apply untuk kgsp semua biaya kuliah sampai lulus memang full dibiayai oleh kgsp atau sebagian kak? terima kasih kak, mohon dijawab kalau kakak sempat, semoga kakak sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo gita,
      Sorry baru kebaca- notif nya ga masuk, heu
      Klo yang di web-web kampus itu buat calon mahasiswa yang mau daftar sendiri ke kampus, tanpa KGSP.
      Kalo KGSP semua udah ditanggung. Ikutin guideline KGSP aja~ ^^

      Good Luck ya

      Hapus
  4. Saya komen di sini aja deh Mbak ^^ oiya saya kan masih kelas 10 SMA nih,,tp saya tuh udah lama pengeennn bgt kuliah ke Korea. Waktu saya liat liat info kgsp itu buat yg kuliah S1 nya harus lulus pas bulan maret T_T nah di Indonesia kan UN SMA itu bulan April. Saya gak nyerah. Saya pun Cari cari info di embassy Korea for Indonesia. Nah waktu saya searching di webnya embassy Korea,application itu dibuka mulai bulan oktober S1 nya. Oiya Mbak dea,,kalau beasiswa S1 itu apa juga perlu research plan. Saya rencana ntar abis UN Dan ijazah udh keluar,,mau apply bareng Sama temen seperimpian *apaan ke Kyunghee.

    BalasHapus
  5. Hello Dea, terimakasih untuk postingan dan jawaban2nya.
    Mau make sure lg tentang yg kamu tulis di komen atas.
    "Simply, you have to send 3 copy doc (3 envelopes), 1 original doc (1 envelope), and 1 or some recommendation letter (1 or some envelopes)."
    So shortly:
    1 envelope for original doc,
    3 envelopes for three copy docs,
    dan another envelopes buat recom letters.
    Begitu kan?

    And by the way, if you dont mind.
    Would you please share your study plan or self introduction or essay or anything yang kamu kirim untuk kgsp ini?

    Well you have all right to object, so its okay.
    Just let me know if you're fine,
    I'll be waiting for your email on ichajulisca@yahoo.co.id
    Thanks for everything. See you around!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh wait!

      Kalau kita langsung kirim ke Universitas berarti kita memang akan hanya ngurus ke universitas itu kan? Entah online atau send hard copy semua nya langsung ke universitas itu? Jadi bisa dibilang, gak usah bikin rangkap 1 ori + 3 copies lagi kirim ke embassy.
      Correct?

      Hapus
    2. Hallo Anonim ^^
      Salam kenal-

      "1 envelope for original doc,
      3 envelopes for three copy docs,
      dan another envelopes buat recom letters."

      Jawabannya- yes, benar seperti itu.

      Dan maaf saya ga bisa share research plan saya. Maaf yaa T-T

      Oia, semoga email nya sudah di balas ya. Saya sudah balas email semuanya siihh ^^ maaf kalau terlewat

      Hapus
    3. Kalau kirim ke Univ berarti ga harus kirim ke embassy. Dan semua send hard copy yaa- ga ada yang online.

      Hapus
  6. hallo sunbae...

    Saya lulusan psikologi kakak...saya ingin kuliah s2 di korea...KGSP apakah bisa untuk postgraduate..karena dari ips yg saya lohat dr beberapa blog rata rata banyak yg membahas hanya untuk s1,..sementara utuk s2 jarang sekali..apakah pengajuan langsung ke universitas yg dituju bisa mendapat peluang untuk beasiswa penuh KGSP???

    Kakak bagi alamat email atau apapun donk..saya ingin sharing dengan kakak.,terima kasih..

    BalasHapus
  7. hallo sunbae...

    Saya lulusan psikologi kakak...saya ingin kuliah s2 di korea...KGSP apakah bisa untuk postgraduate..karena dari ips yg saya lohat dr beberapa blog rata rata banyak yg membahas hanya untuk s1,..sementara utuk s2 jarang sekali..apakah pengajuan langsung ke universitas yg dituju bisa mendapat peluang untuk beasiswa penuh KGSP???

    Kakak bagi alamat email atau apapun donk..saya ingin sharing dengan kakak.,terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Anung ^^
      Salam kenal yaa..

      Untuk jurusan ips juga ada kok. Coba apply aja ^^

      Good luck yaaa ^^

      Hapus
  8. Asw. Mau nanya mbak, misal ortu kita punya pasport, trus apa masih harus di sworn translate kan ?
    Mohon pencerahannya, insyaallah saya mau apply tahun ini.. tapi agak kurang pede karena dr jurusan ekonomi.. huhuu...

    BalasHapus
  9. Saya kirim email perihal contoh self introduction & study plan. Mohon direview dan dikasih masukan yah, mbak...
    Kindness to check ur email...
    Thank U...

    BalasHapus
  10. Selamat siang kak,
    Kak, tolong buat postingan ttg pengalaman daftar jalur univ dong.. tantangannya apa2 ajaa.. soalnya saya sdh baca postingan sebelumnya, tapi masih pengen tau lebih lagi

    BalasHapus
  11. Halo.. Maaf saya mau tanya kalo blh tau kakak ambil jurusan apa di univ mana ya? *maaf kalo sblmnya sudah ada infonya brarti saya yg kelewat bacanya* ^^; *dan maaf jg pertanyaannya kepo bgt ya* ^^;;; Satu lg pertanyaan saya, untuk apply via universitas, apakah pasti selalu ada interview dari pihak universitasnya ya? Krn saya tdk dpt info dari pihak univ ttg itu. Mhn masukannya. Trimakasih banyak kk ^^~

    BalasHapus
  12. Halo kak :) aku Dita. Kan kakak dapet beasiswa buat S2 kan ya? Kalo aku pengen hbs lulus sma nanti langsung masuk S1 apa persyaratannya juga sama? Dan buat surat rekomendasinya itu bagaimana? Terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum kak, sebelumnya smg kakak selalu sehat disana :D, Kak aku tertarik bgt pengen apply beasiswa ini kak, insyaalah tahun depan aku coba apply kak.. kak, boleh nanya kak, aku kan lulus S1 jurusan management, nah aku bingung nentuin jurusannya kak, aku pengen bgt ambil jurusan bahasa korea disana, sedangkan aku bukan lulusan S1 bahasa korea, tolong bantu ya kak? terima kasih

    BalasHapus
  14. kak, boleh aku minta alamat email kakak? makasi banyak sebelumnya kak :D

    BalasHapus
  15. assalamualaikum kak, maaf ini aku lagi kak :D
    aku udah kirim email ke kakak,
    mohon di baca ya kak..
    semoga kakak berkenan balesnya..
    terima kasih

    ini email aku kak illab7194@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya kak :D
    wassalam

    BalasHapus
  16. kak, aku sudah kirim email
    balas ya

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum Kak

    Barusan saya email ke Kakak dari annisahps24@gmail.com, semoga Kakak berkenan untuk membalasnya. Terima kasih banyak Kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Annisa ^^

      Udah saya bales belom email nya? Hadjuuh maaf yaa.. Email yang masuk banyak beud dan lagi sibuk banget kemaren2. Kalau belum dikirim lagi aja yaa..

      Semoga bermanfaat~

      Hapus
  18. Wah baik bgt ya selalu mau berbagi info dan menjawab setiap pertanyaan��
    Maaf sebelumnya kalo pertanyaan aku ini aga ga nyambung. Dari orang2 Indonesia yang dapet beasiswa ke korea ini, apa mbak pernah dengar kabar ada yang lalu melamar perkejaan di korea dan diterima atau sekarang bekerja di korea?
    Kalau berkenan menjawab, terima kasih banyak��
    Saya butuh motivasi��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo anonim ^^
      Salam kenal yaa..

      Jawabannya adalah Iyes. Banyak banget yang ga bisa move on dari korea dan memutuskan untuk kerja disini.

      Semoga bermanfaat ^^
      Good luck ya

      Hapus
  19. salam kenal kak, saya Meci
    saya mau bertanya apakah ketika kita ingin melamar kgsp untuk s2, brrti kita sudah ada rencana mau research apa nantinya dan itu tertulis di study plan kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Meci,
      Salam kenal yaa ^^

      Iyes.. Ketika ingin melamar beasiswa manapun harus udah ada gambaran mau research apa. Dan itu harus twrtulis di study plan ^^

      Semoga bermanfaat.
      Good luck ya ^^

      Hapus
  20. Assalamualaikum mbak dea, perkenalkan saya citra.
    Mbak kalau misalnya mau daftar postgraduate program apakah harus menyertakan sertifikat TOPIK atau hanya TOEFL saja ya? Mohon informasinya ��

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum, kak dea. Salam kenal saya dwi.
    Saya sudah menterjemahkan akte kelahiran dan KK saya, sudah dpt stempel dari sworn translation nya juga. Apakah dokumen tersebut sdh termasuk dokumen original? Atau saya harus melegalisirkan ke kecamatan juga?. Terimakasih

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum kak ^^
    Salam kenal ya kak, aku Lina.
    Dan semoga kakak bisa jawab email aku, heheh. Thanks before ya kak! ^^

    BalasHapus
  23. 안녕하세요 언니~^^ salam kenal kak namaku sisca 반갑습니다~
    Trima kasih kak buat info" nya^^
    Aku masih penasaran sama beberapa hal ttg beasiswa ini kak, smoga kakak bisa bales emailku ya ㅎㅎ
    감사합니다 언니

    BalasHapus
  24. Hai kak aku Clara. Aku sekarang ini kelas 11 tahun depan aku bakal lulus dari sekolah. Aku udah ada beberapa list universitas atau sekolah ikatan dinas yang aku buat tapi aku juga mau daftar beasiswa ke korea buat cadangan. Nah yang mau aku tanyain itu gimana sih kak cara daftarnya? Kayak formulir permohonan, janji NIIED, personal statement, rencana studi itu gimana cara bikinnya kak. Trus masalah yang rapor di translate itu kayak gimana? Mohon dijawab sedetail mungkin ya kak aku bener2 ga ngerti. Aku baru nemu kakak yang udah sukses dapet beasiswa kgsp. Makasih banyak ya kak sebelumnyaa 😊🙏 Semoga Allah membalas kebaikan kakak Aamiin

    BalasHapus